Konsultan SEO | Doni Irawan

Bagian-Bagian Rumah yang Membangun Desain Eksterior Sebuah Rumah

Desain Eksterior

Rumah, bagi hampir semua orang adalah pusat dan pelabuhan terakhir bagi setiap bagian hidup mereka. Rumah adalah tempat semua anggota keluarga berkumpul dan bercengkrama setelah seharian masing-masing memiliki berbagai kesibukan sendiri. Selain tempat berkumpul keluarga, rumah juga merupakan tempat istirahat dari semua aktivitas hidup sehari-hari yang lebih banyak dilakukan diluar. Karena kedudukannya yang sangat penting, sebagai tempat menyatukan keluarga, tentu tidaklah berlebihan jika orang sangat memperhatikan setiap hal kecil ketika ingin membangun sebuah rumah sehingga terwujudlah sebuah rumah yang mencerminkan ungkapan home sweet home bagi pemilikinya.
Bagian-bagian yang membangun perwujudan sebuah rumah terdiri dari beberapa bagian seperti desain eksterior yang menjadi halaman depan dari sebuah rumah yang pertama kali dilihat oleh orang, desain interior yang merupakan bagian dalam rumah, tempat yang berfungsi sebagai pusat kegiatan setiap anggota pemilik  rumah, lanskap yang merupakan taman yang menghiasi halaman rumah dan juga merupakan bagian dari desain eksterior, halaman belakang yang juga memiliki peran yang penting tempat keluarga bersantai serta berbagai perlengkapan rumah seperti furnitur dan berbagai dekorasi yang mempercantik dan melengkapi tampilan rumah tersebut.
Desain eksterior yang merupakan bagian terdepan dan yang pertama kali dilihat dan dinilai orang yang melihatnya, adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Berbagai pilihan desain eksterior yang ada, dapat dipilih sesuai selera dan jiwa pemilikinya. Selain itu juga merupakan hal pertama yang ingin dikesankan pemilikinya bagi yang melihat rumah tersebut. Ada ungkapan bahwa rumah mencerminkan pribadi pemiliknya. Karena itu, jika anda ingin dilihat sebagaimana sebenarnya pribadi anda, maka kepribadian anda tersebut dapat dituangkan melalui desain eksterior yang sesuai. Anda dapat memilih desain-desain yang ada seperti desain minimalis, gaya eropa, gaya natural dan sebagainya. Setiap desain eksterior tertentu dibangun dari setiap bagian rumah seperti desain pintu, jendela, kaca, baik dari segi jumlah maupun bentuk serta warna. Selain itu, bahan yang digunaan untuk membangun desain tersebut dan juga ukuran luas dan dekorasi yang melengkapinya merupakan faktor-faktor pembeda antar desain eksterior yang satu dengan desain eksterior yang lain.
Dalam memilih warna,baik desain eksterior maupun desain interior merupakan hal yang juga penting untuk diperhatikan. Hal itu disebabkan karena warna memegang peranan dalam menentukan suasana yang akan tercipta, selain dari desain itu sendiri. pemilihan warna untuk tiap bagian rumah seperti pintu, jendela, dinding, dan juga setiap furnitur dan perabot yang menjadi dekorator rumah, hendaknya dipilih senada dan linier, sehingga lebih indah dipandang. Namun untuk beberapa desain rumah yang ingin menonjolkan kesan eksentrik, kombinasi warna yang berani juga dapat dilakukan untuk menciptakan kesan dinamis dan penuh warna.
Beberapa desain eksterior menempatkan teras rumah di depan ataupun di halaman belakang. Karena itu, bagian teras merupakan salah satu bagian yang juga perlu diperhatikan dalam dimensinya, furniture yang diletakkan disana dan juga sinkronisasi antara teras dengan pintu depan rumah dalam hal pengaturan maupun peletakkan sehingga tidak membuat rumah terkesan berantakan dan tidak terstruktur. Beberapa bagian lain seperti atap, pagar dan juga kolam merupakan bagian-bagian yang membangun secara keseluruhan desain eksterior sebuah rumah. Atap tidak hanya berfungsi untuk menaungi bangunan dibawahnya namun juga dapat berperan dalam membangun visualisasi yang kokoh dan indah. Karena itu, atap juga membutuhan perhatian dalam desain genting ataupun warnanya. Pada bagian pagar, selain sebagai pengaman rumah namun juga dapat dipoles sedimikian rumah sehingga mendukung desain eksterior yang semakin indah dipandang dan eksklusif. Begitupula dengan kolam baik kolam ikan maupun kolam renang yang tentunya perlu pertimbangan tertentu dalam menentukan lokasinya agar dapat dicapai keefektifan dan juga keserasian dalam tampilan keseluruhan.

Leave a Reply