Konsultan SEO | Doni Irawan

Desain Interior Apartemen

Menyulap Apartemen Anda Menjadi Istana Kecil!

Tinggal di apartemen bagi penduduk di kota besar barangkali merupakan satu-satunya pilihan yang cukup menjanjikan. Selain lebih ekonomis dibanding harus membeli rumah, tinggal di apartemen juga menjanjikan semacam prestise sendiri bagi para penghuninya. Begitu juga, keamanan, kebersihan, serta tata kelola apartemen yang telah dihandle oleh pihak pengelola juga dapat meringankan seabrek urusan tetek bengek penghuni apartemen.

Karena bentuknya yang berbeda dengan rumah pribadi, apartemen pun selayaknya dipermak dengan sentuhan yang berbeda. JIka rumah memiliki sekat-sekat yang memisahkan beberapa bagiannya, maka apartemen cenderung lebih minimalis dengan gambaran sebuah ruang besar yang dipisahkan dengan sekat-sekat kecil dan membentuk ruangan yang juga kecil, setidaknya lebih kecil bila dibandingkan dengan rumah. Sebab itulah, pemilik aparemen dituntut untuk cerdik menyiasati keadaan tersebut dengan berupaya memaksimalkan fungsi apartemen yang bentuknya minimalis.

Untuk itu, pemilik apartemen sebaiknya cukup selektif dalam memilih perabot apartemen. Jika sebuah perabot terlalu menyita tempat namun fungsinya tidak banyak, ada baiknya pemilik apartemen kembali menata ulang list kategori perabot dalam apartemennya. Perhitungan demikian penting mengingat apartemen identik dengan ruang kecil yang menyimpan banyak perabot rumah tangga. Jika sembarangan memilih perabot atau serampangan menatanya, apartemen akan tampak seperti gudang barang-barang yang bejubel dan tidak enak dipandang.

Selain itu, demi menjaga privasi, pemilik apartemen harus cerdik mengatur sekat antara kamar tamu dan ruang-ruang pribadi lain, semisal dapur, kamar tidur, kamar mandi, maupun ruang keluarga. Meskipun bentuk apartemen relatif kecil dan tidak memiliki banyak sekat, apartemen bukan berarti tidak bisa menjaga privasi penghuni dan atau pemiliknya. Asal diracik dan ditata dengan baik, bukan tidak mungkin apartemen justru lebih mampu menjaga privasi penghuninya.

Seperti halnya rumah, apartemen merupakan tempat melakukan aktivitas-aktivitas pribadi, beristirahat, melepas kepenatan setelah bekerja, ataupun bercengkerama dengan keluarga. Sebab itulah, meski bentuknya minimalis, apartemen harus diracik sedemikian rupa agar tetap bisa menghadirkan suasana kehangatan, kenyamanan, dan keakraban. Untuk hal ini, ada baiknya penghuni apartemen tidak hanya berkonsultasi dengan ahli interior ataupun berburu data di media, akan tetapi juga membangun komunikasi yang baik dengan pihak pengelola apartemen yang sedikit banyak mengetahui beberapa informasi tentang apartemen yang ditempati.

Pastikan pula anda tidak mengesampingkan aspek kesehatan dalam apartemen, tidak hanya aspek keindahan dan selera anda. Karena tinggal di sebuah ruangan yang berdempetan dengan ruangan lain yang juga dimiliki oleh orang lain, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, semisal memastikan adanya akses sinar matahari, saluran air yang baik, tempat maupun jalur pembuangan sampah yang teratur dan tepat, serta keasrian dan kesehatan lingkungan. Jangan sungkan untuk menyapa dan berkomunikasi dengan pemilik apartemen yang bersebelahan dengan anda. Selain dapat menambah teman, anda juga akan betah berlama-lama tinggal di apartemen anda setelah akrab dengan sesame penghuni.

Ada sebuah kelakar yang mengatakan bahwa seseorang bisa dibaca dari rumah atau tempat di mana ia tinggal. Apartemen anda mencerminkan siapa dan bagaimana diri anda, tidak hanya dalam hal selera, namun juga dalam hal karakter, kebiasaan, prinsip, dan hal-hal lain yang juga esensial. Sebab itulah, pastikan anda menyulap aparteman anda nyaman bagi siapa saja. Nyaman bagi anda sebagai penghuni dan pemiliknya, nyaman bagi keluarga yang menemani anda tinggal di apartemen tersebut, serta nyaman dan berkesan bagi tamu atau kolega yang mengunjungi apartemen anda. Tinggalkannlah kesan baik dan menyenangkan bagi setiap orang yang datang mengunjungi apartemen anda.

Desain Interior Apartemen

Leave a Reply